BEKERJASAMA DALAM TEAM (kelompok)

Pengertian Kelompok

     Kelompok adalah suatu kumpulan dua atau lebih orangt-oranmg yang mengalami interaksi dinamis satu sama lain (McGrath, 1984). Definisi ini mencakup berbagai jenis kelompok, misalnya sebuah keluarga kecil, sebuah kelompok kerja besar, suatu kelompok eksperimen yang hanya bertemu pada satu kesempatan, suatu unit militer yang bertugas bersama-sama dalam hitungan bulan atau tahun.
       Kelompok bersifat dinamis sedangkan agrerat relatif pasif. Anggota-anggota kelompok saling menyadari keberadaan satu sama lain sedangkan orang-orang agrerat seringkali melupakan orang-orang di sekitarnya.

 

Karakteristik Kelompok 

Beberapa karakteristik kelompok sosial tersebut adalah sebagai berikut :
 
a. Harus ada interaksi langsung antar anggota

b. Anggota harus menyadari menjadi kelompok

c. Merupakan kesatuan yang nyata dan dapat dibedakan dari kelompok atau kesatuan manusia yang lain.

d. Memiliki struktur sosial

e. Memiliki norma-norma yang mengatur hubungan diantara para anggotanya.

f. Memiliki faktor pengikat.

g. Adanya interaksi dan komunikasi diantara para anggotanya.


Tahap - Tahap Pembentukan Kelompok

 

Model pembentukan suatu kelompok pertama kali diajukan oleh Bruce Tackman (1965). Teori ini dikenal sebagai salah satu teori pembentukan kelompok yang terbaik dan menghasilkan banyak ide-ide lain setelah kosep ini dicetuskan.

Tahap 1 - Forming
Pada tahap ini kelompok baru saja dibentuk dan diberikan tugas. Anggota kelompok cenderung untuk bekerja sendiri dan walaupun memiliki itikad baik namun mereka belum saling mengenal dan belum saling percaya.

Tahap 2 - Storming
Kelompok mulai mengembangkan ide-ide berhubungan dengan tugas-tugas yang mereka hadapi. Mereka membahas isu-isu semacam masalah yang harus mereka selesaikan. Anggota kelompok saling terbuka dan mengkonfrontasi ide-ide dan perspektif mereka masing-masing. Pada beberapa kasus, tahap storming cepat selesai. Namun ada pula yang mandenk pada tahap ini.

Tahap 3 - Norming
Terdapat kesepakatan dan konsensus antara anggota kelompok. Peranan dan tanggung jawab telah jelas. Anggota kelompok mulai dapat mempercayai satu sama lain seiring dengan mereka melihat kontribusi masing-masing anggota untuk kelompok.

Tahap 4 - Performing
Kelompok dalam tahap ini dapat menyelesaikan pekerjaan dengan lancar dan efektif tanpa ada konflik yang tidak perlu dan supervisi eksternal. Anggota kelompok saling bergantung satu sama lainnya dan mereka saling respect dalam berkomunikasi.

Tahap 5 - Adjourning dan Transforming
Tahap dimana proyek berakhir dan kelompok membubarkan diri. Kelompok bisa saja kembali pada tahap mana pun ketika mereka mengalami perubahan.

 

 

Kekuatan Team Work 

Ini merupakan manfaat yang besar yg dapat dirasakan dalam TEAM . Dimana setiap anggota mempunyai keahlian dan pemikiran yg berbeda-beda. Lalu dikomunikasikan dengaan baik danjelas. Pasti akan menghasilkan sebuah kekuatan dalam suatu TEAM WORK. Walau kendala pun ada dantak bisa dipungkiri dalam kehidupan . Leader dari sebuah TEAM inilah yang bertugas untuk mengatur dan mengayomi anggotanya . Sehingga dapat mengurangi bperdebatan yang serius antar anggotannya dan bisa mengatur konsistensi kekuatan TEAM WORK tersebut. ^__^

0 Response to "BEKERJASAMA DALAM TEAM (kelompok)"

Poskan Komentar