Posted by
Unknown ,
Jumat, 09 November 2012
09.13
Perubahan dan Perkembangan Organisasi
1. Faktor-faktor perubahan Organisasi
Di dalam perubahan dan pengembangan tentu dapatlah terjadi apapun dan siapapun tidak terkecuali dengan suatu bidang organisasi. Namun, tidak banyak individu atau organisasi yang menyukai adanya perubahan, namun perubahan tidak dapat dihindari namun harus di hadapi secara berani.
Faktor perubahan dalam suatu organisasi dapat terjadi karna 2 faktor, yaitu :
1. Faktor internal
Merupakan suatu faktor dimana di dalam suatu organisasi
terdapat faktor yang dapat mempengaruhi organisasi dan kegiatan organisasi
tersebut yang bersangkutan.
2. Faktor eksternal
Merupakan segala keseluruhan faktor yang ada di luar
organisasi yang dapat mempengaruhi organisasi dan kegiatan organisasi. Beberapa
faktor tersebut antara lain : Politik, Hukum , Kebudayaan, Teknologi, Sumber alam,
Demografi dan sebagainya.
2. Proses Perubahan
Proses perubahan adalah tata urutan atau langkah langkah
dalam mewujudkan perubahan organisasi. Langkah tersebut terdiri dari :
a. Mengadakan Pengkajian
Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap organisasi
apapun tidak dapat menghindarkan diri dari pengaruh daripada berbagai perubahan
yang terjadi di luar organisasi. Perubahan yang terjadi di luar organisasi itu
mencakup berbagai bidang, antara lain politik, ekonomi, teknologi, hukum,
sosial budaya dan sebagainya.
b. Mengadakan Identifikasi
Yang perlu diidentifikasi adalah dampak perubahan
perubahan yang terjadi dalam organisasi. Setiap faktor yang menyebabkan
terjadinya perubahan organisasi harus diteliti secara cermat sehingga jelas
permasalahannya dan dapat dipecahkan dengan tepat.
c. Menetapkan Perubahan
Sebelum langkah-langkah perubahan diambil, pimpinan
organisasi harus yakin terlebih dahulu bahwa perubahan memang harus dilakukan,
baik dalam rangka meningkatkan kemampuan organisasi maupun dalam rangka
mempertahankan eksistensi serta pengembangan dan pertumbuhan organisasi
selanjutnya.
d. Melakukan Evaluasi
Untuk mengetahui apakah hasil dari perubahan itu
bersifat positif atau negatif, perlu dilakukan penilaian.
3. Ciri-ciri Pengembangan Organisasi
Pengembangan organisasi merupakan suatu pendekatan sistematik, terpadu dan terencana untuk
meningkatkan efektivitasorganisasi serta memecahkan masalah-masalah yang merintangi
efisiensi pengoperasian pada semua tingkatan.
Ciri-ciri pengembangan organisasi yang efektif sebagai berikut
:
1. Strategi terencana
2. Menekankan cara-cara baru meningkatkan kinerja
3. Mengandung nilai humanistik
4. Menggunakan pendekatan komitmen
5. Menggunakan pendekatan ilmiah
4. Metode Pengembangan Organisasi
Pengembangan organisasi memiliki hal-hal pokok berikut ini:
1. Program ini dipimpin dan didukung dari atas, dapat juga menggunakan pihak
ketiga (atau agen perubahan) untuk mendiagnosis masalah dan memperbaikinya,
atau mengatasi perubahan melalui berbagai jenis kegiatan yang direncanakan,
atau intervensi.
2.Rencana-rencana pengembangan organisasi didasarkan kepada analisis dan
diagnosis yang sistematis, mengenai keadaan organisasi serta perubahan dan
masalah-masalah yang mempengaruhinya.
3. Program ini berhubungan dengan bagaimana organisasi bertindak pada waktu
perubahan terjadi, dengan menggunakan proses seperti interaksi, komunikasi,
perencanaan peran serta, dan benturan.
0 Response to "TUGAS SOFTSKILL 8th @2KA27 "
Posting Komentar