REVIEWER NOVEL


Autumn in Paris novel's





Title Novel : Autumn in Paris
Author : Ilana Tan
Language : Indonesia
Genre : Romance, Fiction
Dimention : 13.5 x 20 cm
Type of Cover : Soft Cover
Number of Pages : 272 lembar
Price : Rp. 47.000,-
Publisher : PT Gramedia Pustaka Utama
Year of Publication : Cetakan ketujuh, 2009

ISBN : 979-22-3030-0 




Short Story
        Tara Dupont adalah seorang anak berdarah campuran Indonesia dan Paris yang memilih tinggal bersama ayahnya di Paris sejak kedua orang tuanya becerai. Tara bekerja sebagai penyiar radio di sebuah stadion radio terkenal  di Paris. Ia memiliki sahabat bernama Elise. Selain itu ia juga mempunyai seorang sahabat berkebangsaan Perancis yang ia pikir adalah cintanya yaitu Sebastian. Tepatnya pada saat hari Jumat, Sebastian memperkenalkan Tara kepada seorang arsitek yang sedang bekerja di Paris yaitu Tatsuya Fujisawa. Tatsuya adalah seorang lelaki Jepang yang membenci musim gugur di Paris dan sekaligus ia membenci kota Paris.            Suatu ketika, Tatsuya mengirimkan email kepada stasiun radio tempat Tara bekerja. Dan keesokan harinya, email itu dibacakan oleh Elise dalam acara Je me souviens. Surat itu berisi cerita Tatsuya tentang seorang gadis misterius yang ditemuinya di bandara dan di suatu bar atau bistro. Seseorang yang membuat Tatsuya terpanah. Itulah cinta pertama Tatsuya yang ditemuinya di bandara.Dari pertemuan yang tidak sengaja itulah yang menyebabkan Tara dan Tatsuya semakin dekat. Benih-benih cinta pun mulai tumbuh dari kedua belah pihak.        Untuk kesekian kalinya, Tatsuya mengirim email kembali dengan atas nama Fujitatsu. Kali ini ia menceritakan tentang “Gadis Musim Gugur”, gadis yang telah mengubah kepribadian Tatsuya. Sepertinya Tatsuya menyukai gadis tersebut.         Akhirnya Tatsuya melakukan apa yang telah diwasiatkan oleh ibunya sebelum meninggal, yaitu menemui cinta pertama ibunya dan memberikan surat itu kepadanya. Tatsuya menemui Jean Daniel, ia memberitahukan semua yang telah terjadi. Tatsuya memberitahukan bahwa dia adalah anak yang selama ini telah ditinggalkannya. Jean Daniel sangat terkejut, dan ia meminta maaf kepada Tatsuya karena selama ini ia tidak mengetahui bahwa ibunya sedang hamil. Inilah pertemuan pertama kali antara anak dan ayah kandungnya .             Sikap dan pendirian Tatsuya mulai berubah sejak dia mengenal dan dekat dengan Tara. Tara mampu mengubah pendirian Tatsuya tentang musim gugur dan Paris. Tara mampu mengubah kebencian itu menjadi hal yang sangat menyenangkan untuk dikenang selamanya. Tatsuya telah yakin bahwa ia benar-benar menyukai Tara dan begitu pula dengan Tara, ia pun  menyukai sosok Tatsuya. 
            Walaupun keduanya saling menyukai tetapi banyak berbagai sisi kehidupan yang harus dipertimbangkan sampai sesuatu yang sangat besarpun terjadi. Sehingga membuat posisi mereka satu sama lain semakin sulit.



Kualitas Buku :

        Keren banget deh, mulai dari alur cerita, karakter tokoh, semua moment nya digambarkan secara detail. Ceritanya memang menyedihkan dan mengharukan, namun tidak cengeng. Romantisme juga terasa sekali di dalam novel ini. Seperti saat Tatsuya menuliskan perasaan di dalam surat dan mengirimkannya ke radio.Ilana Tan mengemas cerita ini dengan sangat menarik. Jalan cerita pun tidak mudah ditebak. Banyak juga pengetahuan mengenai kota Paris, yang mungkin akan berguna bagi kita. Juga ada banyak kata-kata dalam bahasa Perancis yang dapat kita pelajari. Ilana juga melukiskan pemandangan kota Paris dengan kalimat yang indah, membuat kita menjadi penasaran dengan kota Paris dan ikut membayangkannya.
      Cerita ini ditutup dengan sebuah kalimat sederhana yang mengandung arti ya
ng ''dalam'':Selama dia bahagia, aku juga akan bahagia. Sesederhana itu...
     Seandainya masih ada harapan – sekecil apapun untuk mengubah kenyataan, ia bersedia menggantungkan seluruh hidupnya demi harapan. Intinya dari cerita ini bahwa kisah cinta tidak akan selalu indah seperti yang kita bayangkan, hal tak terduga pun dapat terjadi. Namun rasa cinta tidak akan pernah habis sampai kapan pun dan kepada siapa pun. :D     
           

           This novel is the 2nd series after the 1st novel's Summer in Seol, continue the 3rd series Winter in Tokyo and the last Spring in London. I have finished reading 2 series. And i'm very curious to continue the series. It's so complicate feel, romantic, imajinative and very affected.
So enjoy the book :D


author blog : @fysasarah on twitter 





0 Response to "REVIEWER NOVEL"

Posting Komentar